-->

Jumat, 25 November 2011

Ultrabook Akan Booming 2012

Ditengah-tengah semakin banyaknya tablet yang bermunculan dari berbagai vendor dan merek dagang tertentu, Ultrabook adalah suatu terobosan baru yang mungkin akan booming pada tahun 2012.
Ultrabook dianggap sebagai saingan utama Macbook Air setelah sebelumnya produk Apple itu dianggap tidak memiliki saingan berarti dalam kelas notebook yang sangat ringan dan tipis. Namun kehadiran Ultrabook di akhir 2011 memaksa Macbook Air untuk menurunkan harga pasarnya mulai dari $999 untuk bersaing dengan Ultrabook.

Ultrabook sendiri menurut Intel adalah sebuah laptop yang :
- Memiliki ketebalan kurang dari 20mm (0,8 inci).
- Tidak memiliki optical drive.
- Menggunakan solid-state drive (SSD) untuk seluruh penyimpanan.
- Menggunakan Core i5, prosesor i7.
- Memiliki berat kurang dari 1,4 kg (1,3 lbs).
- Menghasilkan 5-8+ jam daya baterai .
- Dibandrol dengan harga sekitar $1000
Generasi Ultrabook pertama telah muncul dari para pembuat laptop kelas atas seperti Lenovo, Acer, ASUS dan HP. Saat ini, Ultrabook yang berbasis Windows 7 dari vendor, seperti Acer dan Asus masih harus bersaing keras dengan Mackbook Air besutan Apple. Namun nantinya dengan dengan desain baru Windows 8 dan prosesor Intel termutakhir diharapkan Ultrabook dapat menarik perhatian para pengguna laptop.
Intel sendiri membuat prediksi yang sangat optimis dengan menyebutkan bahwa pasar Ultrabook akan naik jadi 40 persen pada tahun 2012 nanti. Namun prediksi tersebut bertolak belakang dengan analisis iSuppli yang mengatakan bahwa agar dapat bersaing dengan produk tablet dan kembali dilirik konsumen, notebook harus di desain lebih seksi dan menarik. Karena saat ini konsumen lebih memilih tablet karena lebih ringan, tipis dan hampir seluruh fungsi laptop ada di tablet.
Dari segi harga, Ultrabook juga dinilai masih terlalu mahal dan belum terjangkau untuk sebagian besar konsumen. Meskipun tidak menutup kemungkinan dengan banyaknya perusahaan yang bersaing menghasilkan Ultrabook akan mendorong menurunkan harga.
Ultrabook membuktikan Steve Jobs benar dengan pengenalan Macbook Air, bahwa orang akan mencari laptop berkinerja tinggi yang dikemas dalam bentuk yang sangat portabel sebagai evolusi alami dari laptop yang lebih besar. Sehingga dapat digambarkan pembuat laptop akan mengejar Macbook Air, seperti pembuat tablet mengejar iPad. Selain itu Ultrabook juga berintegrasi dengan 3G/4G yang tidak dilakukan pada Macbook Air.
Mengingat tidak sedikit yang membutuhkan laptop berbasis Windows, dengan pasar laptop yang ringan dan tipis. Tahun depan mungkin akan menjadi tahun yang baik untuk respon lebih pengguna terhadap Ultrabook.



Related Articles by Categories


Free counters!
Grab this Widget ~ Blogger Accessories