-->

Selasa, 01 November 2011

Apple dan Android Bersaing Kuasai Pasar Tablet Kuartal III

Tak kurang dari 16,7 juta unit tablet pada kuartal ke-3 2011 telah dikapalkan. Dari sejumlah ini, tablet bersistem operasi Apple iOS dan Android menguasai 94 persen pangsa pasar. Demikian menurut hasil riset Strategy Analytics.

Dibandingkan dengan kuartal yang sama tahun lalu, penjualan tablet dunia ada lonjakan sebesar 280 persen, yaitu 4,4 juta unit pada kuartal ke-3 2010. Bila dibandingkan dengan kuartal ke-2 2011, ada kenaikan 11,3 persen, yaitu waktu itu pengapalan sejumlah 15 juta unit.

Menurut Peter King, Direktur Strategy Analytics, permintaan tablet pada negara maju dan negara sedang berkembang tetap tinggi. Seperti pada kuartal kedua sebelumnya, iPad pada kuartal ketiga ini masih menguasai pasar tablet, yaitu sebesar 67 persen yang setara dengan 11,1 juta unit.


Sementara itu Android kali ini menguasai 27 persen, atau mengapalkan sejumlah 4,5 juta unit. Bila dibandingkan dengan kuartal ke-3 tahun lalu, Android waktu itu hanya mengapalkan 0,1 juta unit, yang waktu itu cuma memangsa 2,3 persen pasar.

Berbagai model tablet Android telah dipasarkan ke sejumlah negara dengan berbagai merk seperti Samsung, Acer, Asus, dan banyak lainnya. Amazon baru-baru ini juga meluncurkan tablet Amazon Fire bersistem operasi Android dengan harga relatif murah. Amazon Fire diramalkan bakal menggoyang pasar tablet.

Pemain lainnya, yaitu Microsoft, hanya meraih pangsa 2,4 persen pada kuartal ke-3 ini, yaitu hanya mengapalkan sebesar 0,4 juta unit. Sementara itu RIM dengan platform QNX hanya menguasai 1,2 persen yaitu setara dengan 0,2 juta unit.



Related Articles by Categories


Free counters!
Grab this Widget ~ Blogger Accessories